Pesan diatas 6 unit harga lebih murah!
jenis kain kanvas

Mengenal Ragam Jenis Kain Kanvas, Perawatan & Kegunaan

Kain kanvas adalah kain dengan serat tebal dan daya tahan tinggi.

Apa saja jenis kain kanvas?

seperti apa bentuknya?

Sejak penggalakan larangan penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai, popularitas kain kanvas kian meroket. Saat ini sangat banyak ditemui tas kanvas dengan berbagai ukuran dan model. Namun, kain kanvas tidak hanya digunakan sebagai bahan tas ramah lingkungan.

Jadi kain kanvas seperti apa sih bentuknya hingga bahan ini sangat diminati? Apa saja jenis hingga dijadikan untuk apa?

Langsung saja untuk mengetahui lebih jelas, simak ulasannya di bawah.

Sifat Bahan Kanvas

Apa itu kain kanvas?

Kain kanvas adalah kain yang memiliki serat tebal yang terbuat dari jerami sehingga menghasilkan kualitas yang kuat dan tahan lama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kanvas memiliki arti kain kasar yang kuat, dipakai untuk kemah (layar, kantong surat pos, lukisan, dsb). Kain ini sendiri mulai dimanfaatkan secara luas sebagai media lukis di abad ke-16 selama Renaissance Italia.

Di awal penggunaannya, kain kanvas ini memang terbuat dari jerami namun seiring dengan perkembangan waktu, kain kanvas dibuat dengan beberapa kombinasi bahan dasar berbeda seperti linen atau kapas. Walaupun seperti itu, kain kanvas tetap erat dengan kualitas & durabilitas yang unggul.

Jenis Kain Kanvas

Ternyata, kain kanvas memiliki beberapa jenis.

Berikut jenis kanvas yang populer dan banyak beredar di pasaran.

Baby Canvas

baby canvas

Kalau bayi identik dengan kulit yang halus dan lembut, begitu juga dengan jenis kanvas satu ini. Walaupun memiliki karakteristik lembut dan lentur, kain ini terkenal kuat dan tebal. Hanya saja, ketebalannya kalah apabila dibandingkan dengan jenis kanvas lainnya. Baby canvas banyak dipakai untuk tas atau produk fashion lain yang menampilkan kesan mewah.

Canvas Sueding

kanvas sueding

Seperti apa kain kanvas jenis canvas sueding?

Kanvas ini memiliki lapisan atas yang sedikit berbulu sehingga lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Permukaannya yang berbulu tadi, membuat benang atau material lain menempel dengan mudah. Jenis ini umumnya digunakan sebagai bahan dasar jaket karena durabilitasnya.

Canvas Marsoto

kain marsoto/kain katun

Canvas marsoto cenderung memiliki tekstur lebih tebal dan kasar jika dibandingkan dengan kedua jenis kanvas sebelumnya. Karena itu, kanvas ini tidak mudah robek, cukup kuat, dan harganya relatif cukup mahal. Ciri khas paling menonjol dari canvas marsoto adalah bintik-bintik pada permukaannya, membuat canvas ini menyerupai kain cordura.

Kain Kanvas Anti-Air (Waterproof)

kain kanvas waterproof

Disebut juga sebagai kain kanvas terpal.

Memiliki karakteristik tebal, kuat, tidak mudah robek serta tahan dengan suhu maupun curah hujan tinggi. Kain ini cenderung lebih mahal karena penggunaannya yang khusus seperti untuk tenda.

Kanvas Blacu

kanvas blacu

Kanvas blacu atau greige adalah jenis kain unfinished atau biasa disebut grey.

Dibandingkan jenis kanvas lainnya, kanvas blacu tergolong lebih murah dan memiliki kualitas paling rendah. Karena kualitasnya rendah, sebaiknya Anda tidak membawa barang terlalu berat khususnya apabila digunakan sebagai bahan tas.

Kanvas Ripstop

kanvas ripstop

Ciri khas paling menonjol dari kanvas ripstop adalah serat kotak-kotaknya. Kain ini tidak begitu tebal karenanya cenderung ringan. Walaupun begitu, kekuatannya sangat bagus.

Kanvas PE

kanvas pe

Kanvas PE adalah kain kanvas yang memiliki campuran polyester. Kanvas jenis ini jarang digunakan sebagai bahan dasar pakaian karena sifatnya yang panas. Kanvas PE memiliki harga relatif murah, mengingat fungsinya menjadi salah satu bahan untuk tenda lipat.

Perawatan Kain Kanvas

Nah karena kanvas tahan lama, Anda bisa membersihkan produk berbahan dasar kain kanvas dengan tips mudah dan praktis berikut:

1.     Jangan Mencuci Menggunakan Mesin

Hindari mencuci tas atau produk lain yang terbuat dari kain kanvas dengan mesin. Memasukkan kain kanvas ke dalam mesin cuci mampu merusak bentuk dan kontruksi kanvas. Karena itu, sebaiknya mencucinya secara manual menggunakan tangan.

2.     Cuci Dengan Sabun

Tidak perlu ragu untuk membersihkan dengan sabun. Kain kanvas adalah bahan yang jadi lebih bersih dengan penggunaan sabun. Namun, pastikan menggunakan sabun bayi karena bahannya tidak terlalu keras sehingga kain kanvas tidak mudah rusak.

3.     Lap Dengan Kain Basah

Setelah dipakai, bahan kanvas juga bisa dibersihkan menggunakan lap basah. Gosok secara perlahan permukaan dengan kain basah. Jangan menggosoknya terlalu kasar karena tekstur kanvas bisa rusak. Kotoran yang Anda biarkan menempel terlalu lama akan semakin sulit dibersihkan.

4.     Jangan Menjemur Di Bawah Matahari Secara Langsung

Menjemur kain kanvas Anda yang basah langsung di bawah sinar matahari akan membuat warna kanvas lebih cepat kusam. Cukup angin-anginkan di ruang terbuka yang aman dari sinar matahari langsung.

Pengecualian apabila kanvas jenis terpal yang memang dikhususkan untuk ini.

5.     Perlakuan Khusus Untuk Bagian Dari Bahan Metal

Apabila Anda memiliki tas kanvas dengan aksen berbahan logam, maka diperlukan perlakuan khusus agar metal tidak berkarat. Anda bisa membeli pembersih khusus logam atau menggunakan bahan alami seperti cuka, minyak zaitun, atau baking soda dan air.

Nah sekarang sudah tahu kan, ternyata kain kanvas adalah bahan dengan tekstur serat unik dan tahan lama. Karena jenisnya sendiri cukup banyak, Anda bisa menentukan kain kanvas seperti apa yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan.

Kain Kanvas Untuk Apa Saja?

Seperti pada penjelasan diatas bahwa kanvas ini digunakan sebagai bahan yang digunakan untuk produksi beragam komoditas.

Beberapa kegunaannya seperti untuk:

Busana & Fashion

Mungkin sudah tidak familiar lagi dengan ini. Kain kanvas digunakan sebagai salah satu komponen populer dalam menunjang tipe busana.

  • Tas/Tottebag
  • Sepatu
  • Jaket
  • Celana/Denim

Terpal

Mengingat essensinya sendiri yang cukup fleksibel untuk kebutuhan outdoor, kanvas juga dijadikan sebagai salah satu jenis terpal untuk tenda hingga kolam buatan.

  • Tenda
  • Kanopi
  • Kolam renang anak-anak
  • Kolam Ikan

Sofa

Siapa sangka bahan kanvas menjadi pelapis pada sofa? salah satu jenisnya seperti Suede, yang memang dikhususkan untuk properti ini.

Melukis

Kanvas juga menjadi media yang paling umum digunakan untuk melukis dan menggambar. Jenis kanvas yang digunakan adalah Blacu yang sudah dilapisi pada permukaan luarnya untuk menutup pori-pori pada kain.

Zeen Social Icons