Pesan diatas 6 unit harga lebih murah!
polyester

√ Jenis Bahan Polyester, Contoh, Harga & Perbandingannya

Produk fashion menggunakan berbagai macam bahan dasar. Dari banyak jenis bahan dasar tadi, salah satunya adalah kain polyester.

Jenis kain ini cukup banyak diminati karena teksturnya yang anti kusut dan sangat kuat. Contoh kain polyester bisa dilihat dari beberapa produk seperti sarung bantal, pakaian, isi bantal, dan bahkan bahan pendukung pelapis badan mobil atau kapal.

Agar tahu lebih jauh mengenai tentang apa itu kain polyester hingga contoh dan harganya. Berikut info selengkapnya, simak terus artikel dibawah ini.

Mengenal Bahan Polyester

contoh kain polyester

Kain Polyester pertama kali ditemukan oleh ilmuwan asal Inggris J.R Whinfield dan J.T. Dickson pada bulan Juli tahun 1941. Kala itu, dua ilmuwan Inggris ini berhasil memproses serat nilon dan mengubahnya menjadi serat sintetis. Serat sintetis tadi menggunakan senyawa kimia dari bahan organik, asam tereftalat, ethylene glycol, yang kemudian dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Serat polyester pertama kali diiklankan di Amerika pada tahun 1951. Saat itu, polyester dipromosikan sebagai serat ajaib yang mampu tampak rapi tanpa proses setrika hingga 68 hari. Sebagai bahan dasar, serat ini bisa dikombinasikan dengan serat sintetis atau alami lainnya. Namun, bisa juga dipakai sebagai 100% bahan dasar. 

Penggunaannya tidak hanya digunakan pada industri tekstil saja.

Polyester yang memiliki bentuk cairan kristal yang sudah dijelaskan sebelumnya juga digunakan untuk beragam jenis industri seperti pelapis coating anti-panas bahkan hingga difungsikan sebagai pelindung mesin jet.

Tipe Bahan Polyester

Dalam tipe bahannya, tipe bahan polyester terbagi menjadi tiga.

Jenis ketiga tipe tersebut:

Polyethylene Terephthalate (PET)

Pada tipe ini biasanya digunakan untuk kebutuhan pembuatan pakaian jadi.

Bahan kimia yang diekstrak langsung dari minya bumi, Ethylene Glycol dikombinasikan sebagai komponen utamanya dengan asam tereftalat yang sudah dicampur dengan katalis antimon.

Masa produksi dan pembuatan tipe polyester ini memakan waktu yang relatif cepat dan bersifat reusable atau dapat didaur ulang kembali.

Poly1,4-cyclohexylene dimethylene terephthalate (PCDT)

Tipe bahan selanjutnya, polyester PCDT ini memiliki tingkat elastisitas yang lebih baik daripada polyester PET diatas.

Dalam penggunaannya, PCDT sering digunakan sebagai bahan dasar kain tekstil untuk keperluan penutup cover seperti tirai dan beragam furniture.

Jenis Bahan Polyester

Berikut ini beberapa jenis bahan polyester apabila ditilik dari campuran bahan lain yang digunakan. Adapun jenisnya adalah:

  1. Bahan Woven

Kain woven dibuat dari campuran 80% katun dan 20% polyester. Pembuatannya adalah dengan cara dua atau lebih set benang ditenun. Saat dilihat, permukaan woven terlihat kasar. Namun, permukaannya halus ketika diraba. Secara luas, kain ini bisa dilihat pada berbagai label baju.

  1. Bahan PE

Apabila woven terbuat dari campuran serat polyester dan katun, bahan PE terbuat dari 100% polyester. Kain PE ini tidak akan kusut dan memiliki dimensi lebih stabil. Contoh kain polyester jenis ini banyak ditemui sebagai bahan dasar dasi, seragam kerja, jaket, kaos, jilbab, celana, dan lain sebagainya.

Pada beberapa aplikasi, kain polyester berbahan PE ini juga biasa digunakan sebagai tenda kerucut maupun tenda carnaville.

  1. Bahan Lacoste CVC Pique

Nama Lacoste diambil dari brand pakaian ternama Lacoste yang berasal dari Perancis. Jenis bahan dasar ini banyak dijumpai pada kaos berkerah atau polo shirt. Campuran bahan ini adalah polyester dan katun. Lacoste CVC Pique memiliki pola rajutan dengan tekstur pori-pori. Selain terkenal tahan lama seperti jenis polyester lainnya, Lacoste CVC Pique merupakan kain dengan daya serap keringat sangat baik.

  1. Kain Spandek

Terbuat dari polyester dan polimer seperti nilon, jenis ini memiliki tingkat elastisitas tinggi. Spandek cukup banyak dipakai di industri konveksi.

Selain melar, keunggulan lain kain ini adalah nyaman saat dipakai, tahan air dan sinar UV. Untuk kegiatan yang melibatkan banyak gerak, kain ini sangat ideal.

  1. Kain TC

Contoh kain polyester jenis TC atau teteron cotton banyak dijumpai sebagai bahan dasar seragam sekolah. KainTC merupakan kombinasi dari 35% katun dan 65% bahan polyester. TC sendiri memiliki beberapa variasi di antaranya TC Golden, TC Dakron, TC Nyonya, TC Kijang, dan TC Dakron. 

Harga Kain Polyester

Seperti jenis kain lainnya, kain polyester juga dijual secara gulungan atau satu roll, meteran, atau bahkan eceran. Karena polyester memiliki beberapa jenis, harga untuk tiap jenis tadi juga tidak sama. Umumnya, kain polyester satu meternya dijual seharga dua puluh ribu hingga empat puluh ribu. 

Jenis ini banyak dijual di toko-toko kain. Atau, Anda juga bisa memesannya secara online karena saat ini sudah banyak situs e-Commerce yang juga menjual berbagai macam jenis dan corak kain polyester.

Perawatan

supaya awet, ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan. Saat mencuci bahan ini, sebaiknya jangan memakai mesin cuci. Cukup cuci dengan tangan menggunakan air hangat dan sabun cuci secukupnya. Apabila ada bagian yang terkena noda, segera gosok perlahan agar noda tidak semakin susah dihilangkan.

Saat menjemur, tidak perlu memerasnya dengan keras. Jemurlah di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jika Anda menjemur kain polyester dengan benar, Anda bisa memakainya secara langsung setelah kering tanpa perlu menyetrika. 

Apabila memang kain polyester harus disetrika karena kusut, maka gunakan suhu medium. Dianjurkan juga menggunakan lapisan kain katun tipis terutama untuk bagian dalam pakaian seperti lapisan dalam atau kantong.

Itu tadi info bermanfaat tentang kain polyester, contoh kain polyester, dan harga kain polyester. Walaupun kain ini memiliki durabilitas yang tinggi, perawatan yang baik juga diperlukan agar kain polyester Anda tahan lama.

Zeen Social Icons