Pesan diatas 6 unit harga lebih murah!
macam-macam jenis kain dan namanya

20-an Lebih Referensi Jenis Kain yang Perlu Anda Ketahui

Kain menjadi salah satu material utama pakaian dan barang untuk keperluan rumah tangga. Perlu Anda tahu, jenis kain jumlahnya ada banyak di luar sana.

Dengan mengetahui macam-macam, bahan kain dan jenis kain di pasaran dengan tujuan agar Anda tidak perlu bingung lagi jika suatu saat membutuhkannya untuk keperluan membuat dan membeli pakaian atau bahkan membuka usaha konveksi.

Untuk itu, artikel ini merangkum detail lengkap jenis dan juga setiap tipe nama.

Jenis Kain dan Namanya

  1. Katun
kain katun

Kain katun adalah jenis bahan multifungsi. Katun kerap menjadi bahan dasar pakaian, seprei, sarung bantal dan guling, selimut, kain lap, kulit sofa, tirai, hingga tas atau ransel.

Bahan kain katun terbuat dari serat kapas, sehingga mampu menyerap air dengan baik. Namun, saat ini, tidak semua kain katun berasal dari 100 persen material kapas, ada juga yang sudah dicampur dengan bahan lain.

  1. Denim
kain denim

Seperti namanya, denim menjadi material dasar pakaian denim: celana dan jaket jeans. Bahan denim dibuat menggunakan cotton twill. Maka dari itu, teksturnya terlihat seperti karpet, tetapi sebenarnya halus dan tipis.

  1. Baby Terry
Baby Terry

Baby Terry adalah jenis yang paling sering digunakan untuk material pakaian sweater, jaket, dan hoodie. Bahannya lembut dan hangat karena berasal dari campuran polyester dan katun.

  1. Jersey
kain jersey

Terdapat beberapa kain jersey: spandex, stella, high twist, paragon, drifit, rayon, crepe, serena, etiway, scarlet, dan sherly. Bahan dasar jersey yaitu rajutan katun wol, kapas, dan serat sintetis lain.

Jenis bahan ini populer diaplikasikan pada pakaian berjenis kaos. Selain itu, jersey juga bisa pakai untuk bahan baju olahraga, hijab, dan gamis.

  1. Polyester
kain polyester

Serat polyester dibuat menggunakan campuran senyawa kimia dan petroleum (polyethylene terephthalate atau PET). Kain ini umumnya lebih banyak digunakan sebagai bahan dasar kain lain dan perlengkapan rumah tangga. Polyester bersifat tahan air, tidak mudah mengerut, dan awet. Namun, kekurangannya tidak bisa menyerap air dengan baik dan mudah terbakar.

Polyester sendiri digunakan sebagai salahs atu bahan atap penutup langit-langit pada kanopi maupun tenda.

  1. Chiffon
kain chiffon

Chiffon atau umumnya disebut kain sifon adalah kain yang campuran serat polyester, nilon, rayon, dan lain-lain.

Sifon berfungsi sebagai bahan dasar pakaian seperti dress, blouse, piama, kerudung, gamis, dan lain-lain.

  1. Wool Peach
jenis kain woolpeach

Kain wool peach biasanya dikenal dengan nama wolfis terbuat dari material serat polyester. Sekilas mirip dengan kain jersey, tetapi wolfis bentuknya lebih ringan dan tipis.

Biasanya, kain wolfis digunakan untuk busana muslimah.

  1. Wedges
jenis kain wedges

Kain wedges cukup populer di industri pakaian saat ini.

Kain ini banyak diminati untuk material blazer, jas, dan ada juga yang memanfaatkannya untuk bahan dasar blouse. Karakteristik kain ini berukuran tebal, sedikit licin, dan kaku.

  1. Balotelli
jenis kain baloteli

Jenis yang satu ini memiliki tekstur berpola dan tidak begitu tipis. Kain ini pun banyak digunakan sebagai bahan dasar gamis atau pakaian muslim dan atasan pakaian.

Meskipun ukurannya agak tebal, tetapi kain ini nyaman ketika dipakai.

  1. Bubble Pop-Kain Mos Crepe
jenis kain Bubble Pop-Kain Mos Crepe

Bubble pop atau kain mos crepe adalah kain yang sering digunakan untuk produksi kerudung dan pakaian muslim.

Teksturnya lembut dan tidak terlalu tipis, sehingga kain ini nyaman dan menyejukkan.

  1. Brokat
jenis kain brokat

Kain brokat memiliki banyak jenis. Bahan yang satu ini sangat populer diaplikasikan sebagai bahan dasar kebaya, gaun pesta, dan lain-lain. Kain brokat memiliki pola dan tekstur yang khas dan unik.

  1. Polivinil klorida (PVC)
jenis kain pvc

Kain PVC adalah bahan kain polimerisasi yang terbuat dari material minyak bumi. Kain ini lebih familiar disebut sebagai kain vinyl yang biasa digunakan untuk tenda/canopy membrane.

Vinyl tahan api, ringan, dan fleksibel digunakan. PVC sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai bahan dasar hunian seperti plafon dan peralatan rumah tangga lainnya.  

Macam-macam Kain Lainnya

Selain 12 jenis kain dan namanya di atas, masih ada yang lainnya.

Beberapa di antaranya seperti kain linen (bahan dasar kerudung), kain drill untuk celana, bahan satin dan maxmara untuk gaun, hingga scuba yang cocok untuk bahan celana olahraga.

Tidak hanya itu saja, ada juga kain perca yang umumnya digunakan untuk membuat kerajinan tangan dan kain flannel (aksesoris, selimut, dan pakaian). Sementara itu, ada juga kain mori yang merupakan kain tenun berwarna putih, biasanya dipakai untuk membatik.

Ada juga jenis bahan baby canvas yang biasa digunakan untuk pakaian, kain lycra sebagai bahan baju olahraga, organza untuk bahan dress dan hijab, bahan suede yang digunakan untuk membuat rok, dan kain beludru untuk beberapa jenis pakaian dan bahan pelapis tas atau sepatu.

Itulah penjelasan 25 jenis kain yang sering digunakan untuk bahan dasar pakaian, aksesoris, maupun keperluan rumah tangga.

Rangkuman referensi macam-macam kain di atas pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Zeen Social Icons