Pesan diatas 6 unit harga lebih murah!
jenis terpal

√ Apa Saja Jenis-Jenis Terpal dan Perbedaannya Terpal Import vs Lokal?

Sebagai pengguna baru yang mengharuskan mengerti apa saja jenis-jenis tenda yang beredar di pasaran, tentu kita harus memahami dan membedakan tenda mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berbagai macam jenis terpal yang ada membuat beberapa orang atau malah mungkin kita semua merasa semuanya sama-sama terpal.

Tidak seperti itu, terpal memiliki jenis yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan dan keperluan yang akan digunakan. Jenis terpal tersebut diantaranya ada yang khusus digunakan untuk penutup muatan truk, untuk tenda ataupun terpal untuk kolam ikan. Penggunaannya sebisa mungkin jangan disamakan karena sebuah alat tentu memiliki kelebihan dan kekurangan dengan tujuan masing-masing penggunaannya.

terpal

Makanya terdapat sebuah terpal yang dibalut dengan merk yang mana memiliki kekhususan penggunaan dari setiap tipe produkya karena sudah disesuaikan dengan tujuan dan maksud.

jenis terpal

Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi bingung bagaimana caranya agar selaras dan cocok dengan keperluan yang Anda butuhkan. Anda akan mengetahui cara membedakan terpal dengan di toko yang akan Anda beli.

Namun sebelumnya, Anda harus terlebih dahulu mengenai perbedaan terpal import dan terpal lokal yang beredar di pasaran. Tidak hanya dibedakan dari jenis ketebalan maupun warna corak. Namun dapat berupa tekstur dari terpal itu sendiri yang bisa Anda rasakan. Memang butuh waktu, tapi seiring perjalanan prosesnya Anda akan mengetahui apa saja jenis-jenis terpal yang cocok dengan industri Anda.

Jenis-Jenis Terpal yang Ada Di Pasaran

Pada jenis terpal yang kami sediakan dibawah ini kami sajikan beragam terpal sesuai kebutuhan yang dapat Anda pesan sekarang juga.

Terpal untuk Kolam Ikan

Terpal untuk kolam ikan lele salah satunya adalah terpal yang menggunakan model ukuran D1, D2 , D3, D4. D5 dan T1. Terpal jenis ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal dengan bahan terpal ulin merk Orchid impor dari Korea.

Anda bisa membeli langsung terpal khusus kolam ikan langsung pakai sekarang juga untuk pembudidayaan lele di Lazada dengan harga Rp 70.000 – Rp 400.000 tergantung ukuran yang Anda inginkan.

terpal untuk kolam kotak
Beli Terpal Kolam (persegi/kotak)
Harga RP 70.000 – Rp 500.000 di Lazada
terpal untuk kolam bulat
Beli Terpal Kolam (bulat)
Terpal Orchid Rp 298.000 di Lazada

Model terpal untuk ikan ini banyak sekali permintaannya, juga kemudahan yang sudah disesuaikan untuk pembibitan dan membudidayakan ikan. Dengan lahan yang standard dan tidak besar, terpal ini cocok digunakan untuk cover kolam ikan.

Terpal untuk Truk/Pickup

Untuk ekspedisi penutup barang yang biasa digunakan untuk truk menggunakan bahan kanvas. Spesifikasi yang bisa didapatkan biasanya adalah membeli dengan 1 roll penuh dengan setidaknya berukuran 1 meter x 10 meter. Ketersediaan warna juga bermacam-macam seperti super 4, kanvas super 8, kanvas bima, kanvas KSA dan lain sebagainya.

Jika ingin langsung membeli terpal pickup, Anda bisa langsung memesannya dibawah ini tepatnya di Bukalapak dengan harga mulai dari 200-an ribu.

terpal pickup t120ss
Beli terpal Mitsubishi-T120SS
harga Rp 225.000 di Lazada
terpal pickup grandmax
Beli Terpal Pickup GRANDMAX
harga Rp 235.000 di Lazada
terpal carry futura
Beli Terpal Pickup CARRY/FUTURA
harga Rp 225.000 di Lazada
terpal pickup colt
Beli Terpal Pickup COLT
harga Rp 230.000 di Lazada

Terpal Untuk Tenda

Terpal yang digunakan untuk tenda adalah terpal flexy dan terpaulin. Terpal ini dirancang khusus dengan memiliki lapisan luar yang dapat di print untuk kebutuhan promosi produk. Dapat pula meggunakan terpal jenis AGTex atau HEYtex pada tenda jenis Sarnafil. Selengkapnya mengenai terpal dan model tenda yang biasa digunakan dapat Anda lihat katalog tenda di Tendanesia.

bahan terpaulin sarnafil
bahan terpaulin pada sarnafil

Cara terbaik dalam mengetahui perbedaan terpal tenda import dengan lokal adalah mencoba untuk menyentuhnya secara langsung. Namun terkadang juga sama saja. Berarti Anda masih kurang dalam merasakan terpal apa saja yang beredar di pasar. Perbedaan terpal import dan lokal yang jelas dapat dirasakan bukan dari warnanya melainkan dari tekstur terpal tersebut.

Memang dari segi warna, tenda import dan tenda lokal memiliki karakteristik yang hampir sama. Dilihat dari warnanya, seperti cover biru, putih, merah, coklat. Tentu tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dari sekian warna tersebut dapat dikombinasikan dengan penggiran-cover atap tenda.

Jadi tidak perlu lagi heran dengan bentuk dan model yang ada di pasaran karena corak warna tersebut adalah custom varian.

Perbedaan Khas Terpal Import & Lokal

Dengan poin-poin diatas, sekarang Anda sedikit mengerti mengenai perbedaan terpal yang ada disekitar kita. Tentu poin perbedaan tepal import dengan lokal sebenarnya tidak semua seperti itu. Anda bisa mencari merk-merk yang terkenal dan ternama seperti Sakura, DS atau Orchid.

Ketiga merk tersebut menggunakan terpal yang mudah di daur ulang kedepannya karena memang regulasinya yang sudah ditetapkan seperti itu.

Dengan demikian, Anda sekarang mengerti kenapa bahan lokal dan import memiliki perbedaan karena orientasinya berbeda. Namun jangan khawatir mengenai harganya, karena semakin bagus kualitas terpal berarti harganya juga semakin tinggi.

Karakteristik sebuah tenda perlu Anda perhitungan juga mengenai tempat yang akan digunakan karena hal itu justru keutamaan dalam praktek penggunaannya. Tujuannya adalah agar terpal tersebut mampu bertahan lama dan tetap optimal.

Terpal Import

perbedaan terpal import dan lokal

Terpal yang beredar di pasaran tentu terdapat produk terpal hasil import. Banyak yang ada di toko terpal ataupun swalayan yang menyediakan terpal import produk China. Mungkin hal tersebut sudah wajar di benak kita dan mengetahuinya.

Namun apa saja terpal import tersebut?

Kebanyakan rata-rata supplier di Indonesia yang mengambil langsung dari pabrik di China tidak langsung serta merta diambil. Melainkan juga melalui pertimbangan apakah cocok mengingat iklim Indonesia yang tergolong memiliki cuaca yang berubah-ubah.

  • Terapat kode HDPE yang ramah lingkungan (hasil atau bahan yang dapat didaur ulang)
  • Ketebalan yang terjaga dan cukup kaku
  • Bau yang cukup menyengat (hasil daur ulang)
  • Elastisitas yang kurang(dilipat)
  • Kecerahan cenderung gelap karena lapisan luar dilapisi dengan lilin
  • Harga relatif murah karena hasil dari daur ulang

Terpal Lokal

Jika Anda tau, banyak produsen yang memproduksi terpal yang berkualitas yang setara dengan kualitas import. Perbedaan tersebut justru menjadi peluang tersendiri bagi para pebisnis yang ingin menggeluti pabrikan terpal yang lengkap. Namun hal yang menjadi pertimbangan yang ketara adalah material terpal yang cenderung mahal dari sini. Jadi wajar apabila harga yang cukup sebanding dengan terpal hasil import tersebut.

  • Terdapat kode PE (bahan material yang digunakan baru)
  • Bau yang tidak terlalu menyengat
  • Tingkat elastisitas tinggi
  • Warna yang lebih cerah daripada produk import karena produksi dengan bahan baru
  • Harga relatif lebih mahal

Data berdasarkan pengamatan dan kecenderungan terpal yang ada di pasaran. Walaupun begitu, poin tersebut adalah pengamatan yang bersifat objektif dari kami. Namun banyak juga merk import seperti Uno AGTex, Terpaulin Orchid, dsb.

*Email anda tidak tertera dalam review ini

Zeen Social Icons