Dapatkan harga lebih murah untuk pemesanan diatas 6 unit!
jualan bulan puasa

Ide Jualan di Bulan Puasa & Tips Agar Laku Laris Manis

Jualan di bulan puasa selain bulan penuh suci dan kebahagiaan, bisa juga keberkahan melimpah berupa materiil seperti penjualan yang meningkat. Dalam Bulan Ramadhan tersebut yang mengharuskan kita untuk berpuasa sehari penuh menjadikan beberapa pelaku usaha makanan dan minuman mendapati penurunan dan ada pula penaikan omzet.

Hal yang patut kita ketahui adalah peluang bisnis daripada ide Jualan Bulan Puasa tersebut yang mana hanya mengalami kenaikan dalam penjualan dalam bulan itu juga. Sehingga sebuah ide yang menarik ditambah tempat yang strategis akan sangat mempengaruhi kemajuan yang ada. Salah satu Usaha di Bulan Ramadhan untuk berbisnis berjualan bisa Anda terapkan baik melalui online ataupun offline. Peningkatan omzet akan terlihat dan diraih dengan jelas di berbagai lini bisnis penjualan di bulan puasa yang dapat Anda terapkan ulasan seperti dibawah ini.

Jualan yang Menyuguhkan Minuman Penyegar Berbuka Puasa

jualan di bulan puasa

Minuman segar menjadi salah satu keutamaan dalam berbuka puasa. Seperti dalam Al-Qur’an yang menjelaskan untuk berbuka dengan yang manis – manis agar tubuh kembali fresh dengan vitamin yang ada dalam kandungannya. Momen inilah yang perlu kita tekankan untuk mendapatkan sebuah peluang. Ya, es segar kaya vitamin.

Ramainya penjual di pinggir jalan memiliki satu alasan pokok mengapa berjualan es sebelum menjelang berbuka puasa sangat ramai dan meriah. Berkesan sekali bukan? Oleh karena itu, menyediakan menu jualan minuman segar untuk berbuka puasa merupakan peluang untuk Kamu. Disini kami akan menjelaskannya.

Perhitungan modal yang perlu Kamu siapkan untuk berjualan di Bulan Ramadhan ini tentu tidak sebesar modal membuka usaha minuman pada umumnya. Cukup dengan Rp 500 sampai dengan Rp 3.000 kamu sudah bisa menjalankan bisnis musiman ini.

Beberapa macam minuman segar tersebut antara lain:

  • Sup Buah
  • Es tebu manis
  • Kolak
  • Es Kelapa
  • Aneka Sirup Buah
  • Serta berbagai macam olahan minuman segar lainnya.

Tips:

Perlu Kamu mengetahui, jualan minuman pada bulan Ramadhan memiliki profit bisa hingga lebih dari 100% modal awal. Karena selain cup/tempat minum yang tidak terlalu besar, juga mengetahui dimana produsen dari setiap komponennya langsung Anda akan mendapatkan net margin luar biasa besar. Tentunya Anda pilih mana saja tempat yang sekiranya memang menjelang waktu berbuka puasa sangat ramai dan terjadi kemeriahan disitu.

Jualan Dengan Sistem Catering untuk Berbuka Puasa maupun Sahur

ide jualan di bulan puasa

Peluang selalu ada. Kamu bisa mencari Product Market Fit yang sudah ada. Maksudnya adalah pasti saja ada orang yang sibuk dalam kerjaannya atau malas untuk sekedar keluar untuk berbuka apalagi untuk sahur.

Kesempatan untuk berjualan di waktu bulan puasa model ini, bisa di terapkan apabila kamu berada di kompleks pegawai kantoran yang memang padat karyawan. Jangan sepelekan catering ini karena sangat menjanjikan apabila strategi pemasaran Anda bagus.

Perihal modal awal membuka jualan ini sangat relatif. Tergantung pada intuitif Anda dalam memilih mana saja makanan yang mereka santap untuk sahur atau berbuka.

Kamu bisa melakukan strategi decoy effect. Artinya membuat kategori dengan 3 pilihan paket per menunya.

Bingung? Begini caranya ...

Sederhana, karena kalau hanya 2 pilihan per paket maka cenderung sulit. Dengan ditambahkan satu paket lagi untuk pembanding konsumen akan lebih mudah dalam memilih yang melihat berdasarkan harga. Tapi dari paket 1 (sederhana), 2 (standard), 3 (terlezat+terlengkap) tersebut harga paket 2 dan 3 tidak terlalu jauh dengan varian sajian yang terbatas. Sehingga pilihan utama mereka cenderung jatuh pada paket 3.

Menjual Jajanan Pasar di Kampung Ramadhan

jualan untuk bulan puasa

Biarpun ada saja yang menawarkan takjil gratis, tetap saja para penjual yang membuka lapak pasti laku. Terlepas apa menu makanan yang disajikan, menyediakan jajanan pasar di acara kegiatan ramadhan selalu saja banyak pelanggan.

Jualan di event tertentu yang biasa di selenggarakan pada bulan puasa khusus untuk berjualan seperti di Jogja yang bernama Kampung Ramadhan Jogokaryan merupakan kegiatan yang perlu Anda ikuti.

Di kampung tersebut hanya dengan membayar Rp 2.000- /hari sudah mendapatkan lapak dengan tagihan per hari, per minggu atau sebulan penuh. Tentu dengan Anda mengikuti acara seperti itu di kota Anda dipastikan jualan Anda laris manis.

Tips:

Pertama dari yang pertama, cari dan dapatkan pengolah jajanan pasar secara langsung. Kamu bisa bertanya kepada saudara atau teman yang tau mengenai ini. Mengenai spot penjualan, 1 bulan sebelum memasuki bulan puasa datangilah paguyuban atau yang sering biasa disebut sebagai pengelola acara Jajanan Ramadhan di kota Anda untuk mendapatkan harga terbaik.

Setelah mendapatkan semuanya, Anda membutuhkan peralatan yang mendukung acara berjualan untuk bulan puasa itu juga seperti meja, kursi atau tenda untuk promosi.

Kamu bisa jualan dengan menggunakan sebuah tenda dari kami dengan ukuran yang pas, spesifikasi yang bagus dan dapat memilih model variasinya, seperti ini:

Jualan Makanan Khas Lebaran

usaha di bulan puasa

H-1 minggu adalah waktu yang pas untuk mengatur dan mempersiapkan apa saja yang harus ada. Jualan jauh-jauh hari akan lebih baik karena hari-hari sebelum mendekati lebaran pasti banyak yang mencarinya. Apa saja.

Salah satunya adalah makanan khas idul fitri. Apalagi kalau bukan ketupat. Selain merupakan imej mempererat silaturahmi, ketupat adalah makanan ciri khas yang ada. Kue kering juga terbilang trend terbaru yang sedang mengalami kenaikan. Selama kamu menyediakan kue kering selengkap mungkin, pasti pelanggan tidak akan kemana apalagi harga yang cukup miring daripada penjual sebelah.

Untuk sekedar mencoba sih saya sarankan untuk mengambil terlebih dahulu di pengolahnya langsung. Coba deh cari-cari dulu. Bisa pake sistem reseller terlebih dahulu. Toh juga bakal menghemat pengeluaran kan apalagi yang sedang baru memulai. Biar tau sensasi berjualan kue dan ketupat dulu.

Tips:

Kesempatan mengambil peluang berjualan makanan citarasa khas di waktu lebaran seperti ini mudah kok sebenernya. Hanya nih … hanya … pinter-pinteran ambil peluang tersebut. Apalagi kalau branding makanan yang unik terus viral. Hehe.

Menjual Parsel Lebaran Sebelum Ramadhan Usai

usaha di bulan ramadhan

Disaat yang bersamaan, menjelang atau pasca hari lebaran khususnya untuk sahabat, mitra ataupun kolega mereka sering mencari parsel lebaran yang inovatif dan seunik mungkin untuk dijadikan sebagai hadiah.

Bisa nih bagi kamu yang jago kretif tanpa batas dengan mengekspresikan apa yang ada di pikiranmu untuk dikomersilin. Jangan salah sangkat, tingkat kreatif dan inovatif mengambil peran besar dalam jualan parsel di bulan Ramadhan ini.

Dari segi modal pun cukup relatif dan variatif karena komponennya yang menyesuaikan. Namun lagi – lagi balik pada harganya yang juga cukup gelap.

Cukup menarik bukan.

Tips:

Parsel unik, inovatif, beda dari yang ada di pasaran. Harga yang tinggi juga pasti kebeli karena pasar Anda berarti bukan pasar pada umumnya. Selama kamu menyediakan apa yang dibutuhkan mereka dan memiliki diferensiasi pasar. Cuan tuh!

Jualan Busana Muslim

bisnis bulan puasa

Pasti tidak heran dengan ini. Ya. Pasti.

Romansa berjualan di bulan Ramadhan yang penuh dengan kesucian yang lekat dengan ibadah membuat industri bisnis lini fashion muslim mengalami kenaikan yang tajam.

Terutama hari saat menjelang lebaran tiba. Banyak keluarga atau khususnya ibu-ibu mencarikan pernak-pernik pakaian muslim yang akan digunakan di hari lebaran. Disaat inilah trend market busana muslim mengalami permintaan yang signifikan.

Tips:

Kenaikan dan perkembangan jualan busana muslim khususnya di bulan Ramadhan menjelang lebaran adalah waktu yang sangat tepat sekali. Disini banyak model aneka ragam fashion muslim ditawarkan secara besar-besaran terlebih di media online. Hal yang patut Anda garis bawahi terlebih dahulu adalah pastikan lapak jualan busana muslim kamu mengikuti trend pasar yang ada. Jangan sampai asal-asalan stok tanpa memilh dan memilah.

Membuka Jasa Penitipan Hewan

Ini nih khusus yang sayang sama kocheng orange. Kamu bisa banget berbisnis ini di kala temen-temen kamu mudik.

Tapi kamu juga harus memahami terlebih dahulu apakah kamu mudik juga? Bisa banget kalau memang tidak mudik membuka jasa penitipan hewan sewaktu libur lebaran.

Travel – Rental Kendaraan Roda 2 & 4

bisnis bulan ramadhan

Saking padatnya perputaran uang di bulan ramadhan hingga libur lebaran usai, banyak orang yang menyewa kendaraan motor/mobil yang nantinya disewakan kepada orang lain.

Siapa sangka ya kan?

Kesempatan mencoba membuka bisnis rentalan kendaraan di bulan ini adalah ide yang sangat cemerlang untuk kamu.

Selain tetap bersilaturahmi dengan pemudik dan konsumen, juga mendapatkan untung disitu. Tetap, kendaraan yang Anda sewakan harus berstatus halal.

Tips:

Jika kamu sudah menjalankan bisnis ini sebelumnya, selamat. Tapi jika kamu baru memulainya bisa dengan negosiasi dengan pemilik rental untuk mencoba ikut memutarkan kendaraannya.

Dari kedelapan bisnis berjualan bulan puasa dan ramadhan, kamu bisa mempraktekan satu terlebih dahulu mana yang sekiranya cocok dan sesuai dengan kemampuan dan kapabilitas kamu.

Selamat mencoba dan mendapatkan pengalaman baru,

Hubungi kami sekarag
1
Klik untuk konsultasi & pemesanan
Halo, ada yang bisa kami bantu?